Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya kuliah perguruan tinggi universitas paling murah di Indonesia

Salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia adalah kebutuhan akan pendidikan, karena dengan terdidiknya seseorang maka dia akan memiliki ketrampilan yang baik dan siap terjun ke dunia kerja untuk mencari nafkah yang layak. 

Tingkat pendidikan yang tinggi bagi masyarakat juga sangat penting bagi suatu negara, hal ini digunakan untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang cepat dan tinggi bagi negara tersebut.

Di era globalisasi ini,  pendidikan sampai jenjang universitas atau perguruan tinggi sangat penting sifatnya, karena hal itu digunakan sebagai sarana untuk menambah ketrampilan, pengetahuan, pola pikir dan wawasan kita. Harapannya dimasa yang akan datang dapat menunjang karier didalam pekerjaan kita kelak.

Salah satu kendala untuk melanjutkan pendidikan sampai bangku kuliah, adalah masalah biaya. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak lulusan SMA atau SMK tidak bisa melanjutkan kuliah adalah karena faktor Biaya. 

Mahalnya biaya pendidikan di perguruan tinggi bisa kita buktikan sendiri. Kalau tidak percaya bertanyalah ke universitas atau perguruan tinggi di sekitar tempat tinggal anda. 

Pasti hasilnya akan didapati biaya - biaya yang kalau dikumpulkan akan fantastis jumlahnya (misalnya akumulasi dari uang registrasi, uang pangkal, uang gedung, SPP, biaya perSKS, dll). Sehingga akibatnya cita - cita menjadi seorang sarjana akan berakhir dengan bertepuk sebelah tangan. Pupus.

Solusinya bagaimana? Selain menyiapkan tabungan pendidikan anak mandiri sejak dini untuk biaya kuliah, ternyata di Indonesia terdapat perguruan tinggi atau universitas yang dari segi kualitas termasuk kategori baik, tetapi biayanya sangat murah dan terjangkau. 

Hal tersebut saya ketahui secara tidak sengaja, yaitu saat membaca iklan milik Universitas Terbuka, yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya paling murah dan terjangkau di Indonesia.

Dikutip dari websitenya di www.ut.ac.id , Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. 

UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana. Sejak tahun 2019, UT membuka program Doktor. 

Perguruan Tinggi Negeri ini menerapkan sistem perkuliahan online dan tatap muka. Hebatkan?

Saya kemudian mendatangi salah satu UPBJJ-UT (Unit Program Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka). Bertanya kepada petugas customer service. Pertanyaan utama saya adalah? Apakah universitas ini dan gelarnya resmi diakui oleh pemerintah? Dijawab iya. Saya tambah antusias. 

Tanya lagi. Jika saya kuliah mengambil program setudi S1 Manajemen apakah gelarnya seperti universitas yang lain. Dijawab iya, gelarnya seperti perguruan tinggi yang lain, karena ini kan Perguruan Tinggi Negeri jadi resmi, jawab mbaknya dengan senyum manisnya. 

Saat itu juga saya memutuskan untuk kuliah lagi. Kuliah S1 lagi? iya karena saya sebenarnya sudah pernah lulus kuliah S1 jurusan Sistem Informasi di salah satu PTS.

Lalu mana buktinya kalau kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka biayanya murah dan terjangkau? Baik saya tunjukkan contohnya :

Secara garis besar di UT ditingkat jenjang sarjana dan diploma, ada 2 jenis sistem paket, yaitu : yang pertama disebut SIPAS (Sistem Paket Semester) dan yang kedua Non SIPAS. Biaya Sipas bervariasi, uang kuliahnya Rp. 1.150.000 sd Rp. 2.400.000 per semester.

Untuk yang saya ikuti adalah yang Non SIPAS. Dimana untuk Progdi Manajemen S1 uang kuliahnya Rp. 36.000,- perSKS. 

Jadi kalau semester ini saya mengambil matakuliah sebanyak 20 SKS. Berarti biayanya = 20 SKS x Rp. 36.000,- = Rp. 720.000,-persemester 

Berapa seandainya kalau dibagi 6 bulan jika saya mau menabung untuk membayarnya? Didapatlah angka Rp. 120.000 perbulan. Sangat Murah! Tapi ingat ya bayarnya harus persemester tidak bisa perbulan. 

Oh iya, kuliah di universitas ini juga bebas uang gedung lho. Asik kan? 

Biaya Non Sipas yang saya bayarkan sudah termasuk biaya untuk OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI. Untuk lebih detailnya, anda bisa lihat biaya kuliah murah Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Terbuka :

Klik di sini untuk melihat Tabel Biaya Kuliah Di Universitas Terbuka.

Tips dari saya, ini baik bagi mahasiswa baru yang belum pernah kuliah atau bagi anda yang mau transfer kuliah atau alih kredit. 

Saat mendaftar sebagai calon mahasiswa untuk pertama kali, jika anda mengambil yang Non Sipas (disarankan juga bagi mahasiswa yang alih kredit) mintalah billing biaya kuliah dan billing bahan ajar cetaknya dipisahkan.

Jadi anda bisa memprioritaskan untuk membayar uang kuliahnya terlebih dahulu. Jika sudah ada dana lagi baru bayar bahan ajar cetaknya. 

Kalau tidak ada dana untuk bisa beli buku atau bahan ajar cetaknya bagimana? Tenang, karena sudah disediakan Bahan Ajar digital yang bisa digunakan secara gratis. 

Sekali lagi, bagi anda yang ingin transfer kuliah (alih kredit) mungkin karena dulu pernah kuliah seperti saya. Saya sarankan untuk mengambil  yang sistem  Non Sipas. 

Satu lagi kendala, seandainya tidak punya paket internet bagimana? halah... saya kasih tahu tapi awas jangan alasan lagi ya, di Universitas Terbuka setiap mahasiswa diberikan akses gratis ke wifi.id dari Telkom Indonesia. Tambah asyik kan? 

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sistem perkulihannya dilakukan secara online. Tetapi kalau sesekali ingin ikut kelas tatap muka (TTM) juga dimungkinkan. Syaratnya  ada biaya tambahan Rp. 150.000,- permatakuliah  persemester dan diadakan kalau jumlah kuota pesertanya memenuhi.

Gimana sekarang jadi tertarik kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya terjangkau? klik saja website Universitas Terbuka untuk melihat jadwal registrasi mahasiswa baru di bagian kalender akademik. Jika ada pertanyaan seputar UT silahkan isi kolom komentar dibawah ini . Sekian dan sukses buat anda. Salam

Posting Komentar untuk "Biaya kuliah perguruan tinggi universitas paling murah di Indonesia"