Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Penting Intervensi Pengembangan Organisasi

Seberapa penting intervensi pengembangan organisasi? Sangat Penting, karena dalam pelaksananya pengembangan organisasi melakukan intervensi terhadap proses dan struktur organisasi dengan tujuan demi memperbaiki proses dan struktur tersebut. Intervensi tersebut harus terencana dengan baik dan orang yang melakukannya dituntut memiliki kemampuan bekerja sama dengan individu, kelompok atau keseluruhan organisasi yang diintervensi. Sebenarnya intervensi pengembangan organisasi  memiliki pengertian yang lebih luas dan tujuan intervensi pengembangan organisasi adalah untuk memberi kemanfaatan bagi yang diintervensi.

Harvey & Brown (1996) memberi pengertian intervensi pengembangan suatu organisasi sebagai serangkaian tindakan yang didesain untuk meningkatkan kesehatan organisasi dan atau menjadikan sistem organisasi bisa berfungsi lebih baik.

Dengan pengembangan organisai diharapkan bisa merubah prilaku, pola hubungan dan proses menjadi prilaku, pola hubungan dan proses baru dengan peningkatan kinerja sebagai hasil akhirnya. Indikator bahwa kinerja organisasi meningkat adalah peningkatan efektivitas organisasi dan daya saing organisasi. Meski demikian, harapan tersebut tidak akan pernah terealisir jika rancangan program tersebut tidak ditindaklanjuti dengan tindakan riil untuk melakukan perubahan. Tindakan riil dalam proses pengembangan organisasi disebut sebagai intervensi pengembangan organisasi.