Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan data kuantitatif finansial yang dihitung, disusun, dan di terjemahkan untuk kepentingan pihak internal manajemen dalam perusahaan atau organisasi di semua level untuk aktifitas perencanaan, pengukuran dan pengendalian kinerja, pengambilan keputusan, penetapan harga dan penentuan biaya serta pendapatan.  Keunikan akuntansi manajemen adalah informasi yang dihasilkan strategis bagi organisasi.

Jelaskan secara singkat perbedaan dari akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan dilihat dari sudut dimensi waktu? Akuntansi manajemen menggunakan data masa lalu, masa kini dan masa depan untuk memfasilitasi aktivitas perencanaan jangka panjang dan jangka pendek, aktivitas pembuatan keputusan investasi dan aktivitas pengendalian. Sedangkan akuntansi keuangan hanya menggunakan data masa lalu untuk melaporkan kinerja keuangan kepada pihak eksternal organisasi.

Apa yang saudara ketahui tentang proses dari manajemen suatu organisasi? Proses manajemen dalam suatu organisasi didefinisikan serangkaian aktivitas manajemen yang meliputi perencanaan, pengendalian, pengambilan keputusan, pengukuran dan evaluasi kinerja, dan perbaikan berkesinambungan. Akuntansi manajemen digunakan untuk membantu manajemen dalam melaksanakan semua proses tersebut diatas.

Apa yang saudara ketahui tentang Fraud Accounting dan bagaimana cara mengatasinya?
Tindakan curang, yang dilakukan sedemikian rupa, sehingga menguntungkan diri sendiri atau kelompok yang merugikan pihak lain baik itu perorangan, perusahaan atau institusi. Hal itu dilakukan oleh pengelola perusahaan kepada pemilik atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Cara mengatasinya adalah mengadakan Audit dimana Informasi akuntansi keuangan menjadi subyek pemeriksaan oleh auditor independen, terutama perusahaan yang terdaftar di bursa saham. Pemeriksaan laporan keuangan ini dianggap perlu untuk memastikan bahwa isi laporan keuangan telah disajikan secara wajar sesuai dengan standar akuntansi.
 
 

Posting Komentar untuk "Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Akuntansi Manajemen"