Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Mengikuti Ujian Tugas Akhir Program (TAP) di Universitas Terbuka (UT)


Hasil belajar mahasiswa Universitas Terbuka diukur melalui Ujian Akhir Semester (UAS), pengerjaan tugas dan partisipasi dalam kegiatan TTM atau Tuton, Praktik atau Praktikum, Tugas Akhir Program (TAP), dan Karya Ilmiah.

TAP bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara komprehensif dalam suatu bidang ilmu pada program studi jenjang D-IV dan S1. Materi TAP mencakup materi mata kuliah pendukung TAP dari setiap program studi. Daftar mata kuliah pendukung TAP dapat dilihat pada Katalog Kurikulum.

Nah sebagai mahasiswa Universitas terbuka tentunya anda semua pada saatnya nanti akan mengikuti ujian Tugas Akhir Program.

Tugas Akhir Program UT Atau TAP bukanlah sesuatu yang menakutkan, asalkan anda melakukan tips sukses mengikuti Tugas Akhir Program Universitas Terbuka (UT), yaitu sebagai berikut :

  1. Sejak Awal semester mata kuliah TAP rajinlah mengikuti perkuliahan / Tuton dan kerjakan semua diskusi dan tugas yang diberikan.
  2. Pantau pengumuman dan jadwal pelaksanaan Ujian TAP. Biasanya tercantum di website masing - masing Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) tempat anda mendaftar. Sebagai mahasiswa UT. Pastikan nama anda tercantum didaftar peserta ujian TAP. Pahami lokasi, tanggal dan jam ujian TAP, jangan sampai anda salah jadwal.
  3. Pastikan anda mengetahui matakuliah pendukung yang diujikan didalam TAP. Anda bisa melihatnya di katalog kurikulum masing - masing jurusan. Misalnya  bagi anda Mahasiswa Program Studi Manajemen S1,maka Mata kuliah Pendukung TAP EKMA4500 adalah: EKMA4213 Manajemen Keuangan, EKMA4215 Manajemen Operasi, EKMA4216  Manajemen Pemasaran, EKMA4214 Manajemen Sumber Daya Manusia dan EKMA4478 Analisis Kasus Bisnis.
  4. Berdoalah dahulu sebelum mengerjakan soal ujian TAP.
  5. Saat ujian berlangsung bacalah ketentuan soalnya terlebih dahulu. Didalam soal tersebut akan disebutkan apakah bersifat buka buku atau tidak.
  6. Bawalah dalam bentuk tercetak hasil diskusi dan Tugas TAP yang telah anda kerjakan selama masa Tuton.
  7. Bawalah semua modul matakuliah PENDUKUNG TAP dan kalkulator (bukan kalkulator yang di HP)
  8. Bacalah dahulu dari rumah materi diskusi serta tugas TAP yang akan anda bawa dan Bacalah DAFTAR ISI dari masing - masing modul matakuliah pendukung TAP. Supaya jika sifat ujiannya boleh buka buku, anda akan dapat secara cepat menemukan jawaban dari soal yang diberikan.
  9. Jawaban ditulis tangan di lembar jawaban jadi pastikan membawa alat tulis sendiri dari rumah.
  10. Soal dibaca secara online di Komputer yang disediakan oleh UT, jadi pastikan tangan atau kaki anda jangan sampai menyenggol stop kontak listrik komputer sehingga menyebabkan komputer tersebut mati. Hal ini sepele tapi sering terjadi saat ujian TAP. Anda yang rugi, karena waktu terus berjalan tapi anda terhambat dalam  membaca soal di komputer.

Demikian Tips sukses mengikuti ujian Tugas Akhir Program (TAP) di Universitas Terbuka (UT), Kalau anda mempersiapkan dengan baik pasti nanti akan mendapatkan nilai A. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan berikan donasi dengan cara scan QR dibawah ini. Salam

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Mengikuti Ujian Tugas Akhir Program (TAP) di Universitas Terbuka (UT)"