Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Ruang Lingkup Ekonomi Moneter Untuk Keuangan Syariah?


Ruang Lingkup Ekonomi Moneter Untuk Keuangan Syariah


Ilmu Ekonomi Moneter adalah merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi, yang mencakup persoalan persoalan antara lain : Peran Uang dalam Perekonomian, Lembaga Keuangan, Teori Permintaan dan penawaran Uang, Inflasi, Kebijakan Moneter, Neraca Pembayaran Indonesia dan Keuangan Internasional, serta Sistem dan Kebijakan Nilai Tukar.

Pertanyaan lain terkait pembahasan diatas :

Apakah aspek pengembangan pasar keuangan syariah

Aspek - aspek yang dipertimbangkan antara lain kondisi aktual industri perbankan syariah nasional beserta perangkat-perangkat terkait, trend perkembangan industri perbankan syariah di dunia internasional dan perkembangan sistem keuangan syariah nasional yang mulai mewujud, serta tak terlepas dari kerangka sistem keuangan yang bersifat lebih makro seperti Arsitektur Perbankan Indonesia (API) dan Arsitektur Sistem Keuangan Indonesia (ASKI) maupun international best practices yang dirumuskan lembaga-lembaga keuangan syariah internasional, seperti IFSB (Islamic Financial Services Board), AAOIFI dan IIFM.

Pengembangan perbankan syariah diarahkan untuk memberikan kemaslahatan terbesar bagi masyarakat dan berkontribusi secara optimal bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu, maka arah pengembangan perbankan syariah nasional selalu mengacu kepada rencana-rencana strategis. Dengan demikian upaya pengembangan perbankan syariah merupakan bagian dan kegiatan yang mendukung pencapaian rencana strategis dalam skala yang lebih besar pada tingkat nasional.

Cetak biru pengembangan perbankan syariah di Indonesia

Sedangkan cetak biru pengembangan perbankan syariah di Indonesia  saat ditetapkan memuat visi, misi dan sasaran pengembangan perbankan syariah serta sekumpulan inisiatif strategis dengan prioritas yang jelas untuk menjawab tantangan utama dan mencapai sasaran dalam kurun waktu 10 tahun ke depan, yaitu pencapaian pangsa pasar perbankan syariah yang signifikan melalui pendalaman peran perbankan syariah dalam aktivitas keuangan nasional, regional dan internas ional, dalam kondisi mulai terbentuknya integrasi dengan sektor keuangan syariah lainnya.

Pasar keuangan syariah di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini didukung oleh tuntutan masyarakat Muslim yang ingin mengelola keuangannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Selain itu, perkembangan pasar keuangan syariah juga didukung oleh adanya dukungan dari pemerintah dalam bentuk regulasi yang memadai.

Dalam pengembangan pasar keuangan syariah, salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah peran lembaga keuangan syariah. Lembaga keuangan syariah menjadi elemen penting dalam pengembangan pasar keuangan syariah di Indonesia, seperti bank syariah, koperasi syariah, dan lembaga keuangan mikro syariah. Pengembangan lembaga keuangan syariah perlu terus dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengelola keuangannya dengan prinsip syariah.

Pengembangan sistem dan produk keuangan syariah

Selain lembaga keuangan syariah, pengembangan sistem dan produk keuangan syariah juga perlu menjadi perhatian. Sistem dan produk keuangan syariah harus dapat bersaing dengan produk dan sistem keuangan konvensional. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan inovasi dan kualitas produk serta memberikan layanan yang lebih baik kepada nasabah.

Seiring dengan berkembangnya pasar keuangan syariah, maka semakin banyak juga orang yang membutuhkan layanan keuangan syariah. Oleh karena itu, pelaku pasar keuangan syariah harus dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan mereka agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin besar.

Perkembangan pasar keuangan syariah juga dapat diikuti dengan penguatan kerja sama antara pelaku pasar keuangan syariah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kerja sama ini dapat berupa pertukaran pengalaman dan pengetahuan, serta saling mendukung dalam pengembangan pasar keuangan syariah di masing-masing negara.

Dukungan Pemerintah Dalam Keuangan Syariah

Di samping itu, masyarakat perlu diberikan pemahaman yang lebih baik mengenai prinsip-prinsip dan manfaat keuangan syariah agar semakin banyak orang yang menggunakan layanan keuangan syariah. Pendidikan mengenai keuangan syariah dapat diberikan di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, dan juga melalui media sosial serta seminar-seminar yang diselenggarakan oleh pelaku pasar keuangan syariah.

Dalam rangka mendorong pengembangan pasar keuangan syariah yang lebih luas, maka dukungan pemerintah, baik dalam bentuk regulasi maupun pembiayaan, juga sangat diperlukan. Dukungan pemerintah dapat membantu mempercepat pengembangan pasar keuangan syariah sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.




Posting Komentar untuk "Apa Ruang Lingkup Ekonomi Moneter Untuk Keuangan Syariah?"