Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Lima Tujuan Dan 5 Lima Manfaat Membaca Karya Ilmiah

Membaca karya fiksi baik itu cerpen, novel, komik lebih mengasyikkan dibandingkan membaca karya ilmiah karena karya ilmiah memerlukan waktu lama untuk mengerti dan sedikit membosankan. Namun dibalik itu semua membaca karya ilmiah banyak manfaatnya. berikut ini adalah lima tujuan dan lima manfaat membaca karya ilmiah, yaitu :


5 Lima Manfaat membaca karya ilmiah :
  1. Dapat mempelajari Ciri utama dari metode penulisan karya ilmiah, yaitu : keobjektifan pandangan yang dikemukakan dan kedalaman cerita yang disajikan.
  2. Mempelajari dan mempraktekkan teori yang sudah ada didalam suatu karya ilmiah.
  3. Belajar memahami prinsip-prinsip ilmiah dengan jalan membaca sendiri sebuah karya ilmiah.
  4. Belajar mengetahui prasaran, pendapat, gagasan gagasan yang terdapat dalam suatu karya ilmiah.
  5. Belajar untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif terutama bacaan yang berasal dari berbagai sumber.
5 Lima Tujuan membaca karya ilmiah :
  1. Dapat membuat tulisan berbentuk karya ilmiah sendiri (Makalah, Laporan, Skripsi, Tesis, dll)
  2. Dapat melakukan suatu penelitian yang berisi simpulan simpulan yang relatif baru (biasanya dalam bentuk skripsi, tesis, atau disertasi), yang merupakan hasil dari pengkajian teori dan kajian pustaka yang lengkap dan luas dalam suatu karya ilmiah yang telah dibaca.
  3. Setelah belajar memahami prinsip-prinsip ilmiah dengan jalan membaca sendiri, kita bisa mengungkapkannya kembali dengan bahasa sendiri.
  4. Dapat menyampaikan gagasan sebagai hasil dari pemahaman, penafsiran, dan internalisasinya terhadap bacaan yang dibacanya, sehingga gagasan tersebut dapat diungkapkan kembali dalam sebuah seminar, lokakarya, simposium, dll
  5. Dapat mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
Demikianlah artikel dari 5 Tujuan dan 5 Manfaat Membaca Karya Ilmiah, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amin