Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kendala Konsumen Dalam Mengoptimalkan Kepuasannya

Dalam Optimalisasi Utiliti Konsumen, konsumen berusaha mengoptimalkan kepuasannya, artinya konsumen memaksimumkan kepuasan dengan kendala yang dihadapinya. Berikut ini contoh kendala yang dihadapi konsumen :

Setiap Konsumen berusaha mengoptimalkan kepuasannya, artinya konsumen memaksimumkan kepuasan dengan kendala yang dihadapinya. 

Dalam mengkonsumsi suatu barang untuk memuaskan keinginannya konsumen selalu terkendala dengan anggaran atau uang yang dimilikinya. Apabila harga rendah, konsumen akan membeli barang yang diinginkan lebih banyak. Sebaliknya, apabila harga barang yang diinginkan naik,maka konsumen akan membeli dengan jumlah yang lebih sedikit.

Contoh : Misalnya konsumen ingin makan Apel. Harga 1 Apel seharga Rp. 1.000,- kendalanya adalah anggaran yang dimilikinya. Dengan anggaran tertentu yang dimilikinya, konsumen tersebut hanya mampu membeli 3 Apel. Permintaan konsumen terhadap apel dengan harga Rp. 1000 adalah 3 buah.

Untuk mendapatkan sebuah Apel ada yang dikorbankan, yaitu uang Rp1.000. Bagaimana dengan apel yang ke keempat. Untuk mendapatkan apel keempat tersebut, konsumen harus mengeluarkan uang 1.000 keempatnya. Ternyata konsumen tidak bersedia menukar uang 1.000 keempatnya dengan apel keempat karena akan mengurangi kekayaannya.

Apabila anggaran tidak menjadi kendala, misalnya temannya mentraktir makan apel gratis. Konsumen tersebut akan memaksimumkan kepuasannya. Dia akan makan sepuasnya, misalnya dia makan 10 apel. Berarti Pada harga nol, Konsumen tersebut permintaan terhadap Apel adalah 10 buah. Dari contoh diatas benar bahwa dalam optimalisasi utiliti konsumen salah satu kendala yang dihadapinya adalah anggaran atau uang yang dimilikinya. Sekian dan terimakasih. Salam.

Posting Komentar untuk "Kendala Konsumen Dalam Mengoptimalkan Kepuasannya"