Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Parameter dan Data Statistik

Apa yang dimaksud dengan Parameter dan Data Statistik. Menurut saya , Parameter adalah angka yang mencirikan populasi. Untuk menghitung nilai parameter memerlukan amatan dari semua anggota populasi. Tentu saja untuk mengetahui nilai parameter adalah amat mahal. Ongkos untuk mengetahui nilai parameter tidak sebanding dengan kegunaan informasi dari nilai parameter tersebut. 
 
Data Statistik menggunakan sumber data yang berasal dari sampel untuk menghitung Rata-rata dan deviasi standar. Rata-rata sampel menjadi penduga rata-rata populasi. Deviasi standar sampel menjadi penduga deviasi standar populasi. Pada dasarnya, nilai statistik dihitung dengan menggunakan semua anggota sampel (amatan/observasi). Setiap penghitungan sebuah statistik, derajat bebas yang ada berkurang satu. Argumen ini dipergunakan dalam menentukan derajat bebas dalam analisis regresi. Untuk mengestimasi koefisien sebuah variabel bebas (variabel independen) memerlukan sebuah derajat bebas.
  
Parameter ini sebenarnya  pengertiannya hampir sama dengan statistik, perbedaannya hanya terletak pada sumber data yang digunakan. Statistik menggunakan sumber data yang berasal dari sampel, sedangkan parameter menggunakan sumber data yang berasal dari populasi. Statistik digunakan untuk mengestimasi nilai dari parameter populasi.