Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa organisasi pembelajar sangat diperlukan dari organisasi atau perusahaan?

Era ke depan adalah era pengetahuan, diperoleh melalui proses pembelajaran organisasi. Informasi melimpah diproses menjadi pengetahuan dan diaplikasikan bagi pengambilan keputusan manajemen. Organisasi Pembelajar penting karena didalamnya Memiliki suasana dimana anggotanya terdorong untuk belajar, memperluas budaya belajar ke stakeholder, pengembangan SDM sebagai pusat kebijakan bisnis, proses transformasi organisasi terus menerus.

Didalam Organisasi pembelajar ada sistem yang membuat semua orang mesti belajar bagaimana cara menyikapi segalanya secara holistik & bahwa serentetan kejadian akan saling mempengaruhi satu sama lain. Organisasi dapat terus menerus memperjelas dan memperdalam visi personal, memfokuskan energi, mengembangakan kesabaran, menilai realitas secara obyektif. Terdapat suatu aktifitas perenungan, terus menerus mengklarifikasi dan memperbaiki gambaran-gambaran internal kita tentang dunia, dan melihat bagaimana hal itu membentuk tindakan & keputusan kita. Setiap orang berbagi visi bersama tentang masadepan. Kepemimpinan merupakan kunci dalam menciptakan dan mengkomunikasikan visi. Tim merupakan kunci sukses organisasi masa depan dan setiap individu belajar bagaimana cara belajar.

Organisasi yang secara terencana dan terus menerus memfasilitasi anggotanya agar mampu terus berkembang dan mentransformasi diri baik secara kolektif maupun individual sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan bersama antara individu dan organisasi, dapat meraih hasil atau kinerja yang meningkat.