Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seseorang Didorong Oleh Kebutuhan Tertentu Pada Saat Tertentu

Abraham Maslow mencoba menjelaskan, mengapa seseorang didorong oleh kebutuhan-kebutuhan tertentu pada saat-saat tertentu.

1. Menurut Anda, mengapa seseorang lebih banyak menggunakan waktu dan tenaganya untuk keamanan pribadi, sedangkan orang lain lebih  banyak menggunakan waktu dan tenaganya untuk mengejar harga diri ?

2. Manfaat apa yang mungkin didapat oleh pemasar ketika dia memahami perbedaan kebutuhan kedua orang tersebut?

Berikut adalah pendapat saya : Manusia selalu membutuhkan rasa aman untuk dirinya sendiri, rasa aman ini diantaranya adalah rasa aman fisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam seperti kriminalitas, perang, bencana alam, huru - hara, dll. Serta kemanan secara psikis yang mengancam kondisi kejiwaan seperti tidak diejek, tidak direndahkan, tidak stres, dan lain sebagainya. Orang akan menggunakan waktu dan tenaganya untuk keamanan pribadi karena jika orang-orang yang merasa  tidak aman akan bertingkah laku seakan-akan selalu dalam keadaan terancam besar, yang rasa takut ini sadar atau tidak sadar akan menggangu aktifitas kesehariannya.

Disisi lain jika seseorang tersebut sudah merasa nyaman dengan kemanan pribadinya dan hal tersebut sudah tercukupi, selanjutnya manusia akan bebas untuk mengejar harga dirinya, yaitu keinginan untuk berprestasi dan memiliki prestise karena secara manusiawi seseorang ingin dihargai lebih tinggi dari pada orang lain sebagai bentuk dari aktualisasi diri.

Keuntungan yang dapat diambil dari Pemasar ketika memahami kebutuhan kedua orang tersebut adalah mencoba untuk menciptakan produk dan jasa yang akan memberikan manfaat yang diinginkan konsumen untuk mengurangi ketidaknyamanan mereka yaitu harus bisa menghadirkan produk dan jasa yang dapat menciptakan rasa aman dan tentunya produk tersebut juga diharapkan memiliki nilai yang prestise untuk mengakomodir pribadi - pribadi yang menginginkan produk dan jasa sesuai dengan Kebutuhan yang tinggi  akan harga diri termasuk perasaan, status, ketenaran, kemuliaan, pengakuan, perhatian, reputasi, apresiasi, martabat, bahkan dominasi.

Contoh produk yang dihasilkan untuk memenuhi rasa aman adalah polis asuransi, alarm pencuri, investasi pensiun, dll. Sedangkan yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan akan harga diri adalah mobil mewah, rumah mewah, dll. 

Orang yang haus akan harga diri, sebenarnya juga tetpa mencari rasa aman untuk dirinya sendiri. Disinilah pemasar juga bisa menciptakan kreasi untuk memunculkan barang dan jasa yang baru untuk memenuhinya, misal : Asuransi untuk kerusakan mobil mewah, adalagi misalnya Asuransi jiwa yang dilengkapi dengan unit link. Dimana Asuransi ini selain melindungi jiwa orang tersebut juga ada sisi investasi yang hasilnya bisa dipergunakan oleh ahli warisnya.

Posting Komentar untuk "Seseorang Didorong Oleh Kebutuhan Tertentu Pada Saat Tertentu"