Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mampukah Wuling Confero Bersaing Dalam Industri Otomotif Indonesia?

Perlu diketahui bahwa beberapa waktu yang lampau produk sepeda motor asal China, belum mampu bersaing dengan sepeda motor asal Jepang. Dan ketika produk mobil China masuk ke Indonesia, pertanyaannya mampukah Wuling khususnya Wuling Confero bersaing dalam industri otomotif di Indonesia?

Menurut saya merk Wuling asal Cina mampu bersaing dengan merk mobil dari pabrikan Jepang. Berbagai cara telah dilakukan oleh Wuling untuk menghapus stigma negatif tentang produk asal cina, krn masih adanya anggapan produk cina itu tidak baik kualitasnya, ini akibat dari pengalaman masa lalu bahwa produk sepeda motor asal China, dari segi kualitas belum mampu bersaing dengan sepeda motor asal Jepang.

Wuling melakukan langkah - langkah sebagai berikut kepada konsumen :
Berusaha menarik Perhatian dari konsumen dengan memberikan stimulus sehingga dapat memberikan alternatif pilihan kepada konsumen. Wuling berani memberikan Layanan Purna Jual yang lebih unggul dari pabrikan lain, diantaranya : Wuling memiliki 115 Dealer yang tersebar di seluruh Indonesia, Garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 km, Bebas Biaya Jasa Perawatan Berkala 4 tahun atau 50.000 km, Harga suku cadang 20% lebih murah dan tentunya harga unit Wuling lebih murah dari produksi pabrikan Jepang, sehingga selisih harga yang dibayarkan bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya investasi dengan cara menabung untuk pendidikan anak anda.

Wuling berusaha memberikan Pemahaman kepada konsumen, yaitu dengan usaha Wuling dalam mengedukasi konsumen telah menunjukkan hasil yang positif, konsumen mulai paham dan mengartikan bahwa sebenarnya Wuling memiliki mesin yang merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan Amerika Serikat yaitu General Motors, yang memproduksi kendaraan di 37 negara dalam dua belas merek, yaitu Chevrolet, Buick, GMC, Cadillac, Holden, HSV, Opel, Vauxhall, Wuling, Baojun, Jie Fang, dan Ravon .

Akhirnya Penerimaan masyarakat terhadap merk Wuling mulai terlihat. Dari laporan penjualan, Wuling  mulai mengancam beberapa merk mobil dari Jepang. Hal itu terlihat dari Catatan wholesales, dimana Wuling Motors Indonesia mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 17.731 unit kendaraan sepanjang Januari – November 2019. Khusus bulan November, Wuling berhasil mencatatkan wholesales sebanyak 1.948 unit. Wuling Confero menjadi mobil yang paling banyak terjual sebanyak 820 unit. Sekian dan terimakasih. Salam.