Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alasan Mengapa Seseorang Atau Lembaga Melakukan Investasi

Kita sering mendengar istilah Investasi, nah disini akan diuraikan, 3 alasan mengapa seseorang atau lembaga melakukan investasi, yaitu :

1. Untuk melakukan proteksi atas aset dari kenaikan harga-harga atau inflasi. Agar inflasi tersebut bisa ditutupi maka hasil investasi sebagai penutup dari inflasi tersebut.
Inflasi juga bisa diartikan sebagai menurunnya nilai mata uang terhadap suatu barang dan jasa. Misalnya saat ini kita mempunyai uang Rp. 10.000 dan uang tersebut ketika kita belanjakan bisa memperoleh 3 botol air mineral. Tetapi bisa saja 5 tahun kedepan uang Rp. 10.000 tadi hanya bisa mendapatkan 2 botol air mineral ketika kita belanjakan karena adanya kenaikan harga - harga barang. Solusinya supaya uang tadi bertumbuh nilainya dan 5 tahun kedepan jika dibelanjakan tetap bisa mendapatkan 3 botol air mineral adalah dengan cara menginvestasikan uang Rp. 10.000 tadi.

2. Adanya kenaikan konsumsi dimasa mendatang 
Gaji yang diterima pegawai terutama pegawai dengan tingkat pendapatan sesuai dengan UMK, kenaikan tiap tahunnya sudah ditentukan dengan PP Pengupahan 78/2015 dengan salah satunya berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS). Artinya bahwa walaupun tiap tahun baru gajinya naik, tapi sebenarnya barang yang didapatkan jumlahnya sama seperti saat gaji yang diperoleh ditahun sebelumnya. Nah, ketika nantinya dimasa yang akan datang ada kebutuhan tambahan misalnya konsumsi atau ada kebutuhan lain misalnya harus menyekolahkan anaknya, maka salah satu cara untuk memenuhinya adalah dengan menggunakan dana dari hasil investasi. 

3. Adanya ketidakpastian pembayaran dimasa mendatang 
Jika suatu saat kita berhenti mendapatkan penghasilan karena memasuki usia pensiun atau  Perusahaan tempat bekerja mengalami kebangkrutan atau krisis yang terjadi membuat berbagai pihak mengalami kehilangan pekerjaan dan juga kehilangan pendapatan. Padahal kehidupan terus berjalan dan kebutuhan akan barang dan jasa tetap harus terpenuhi, maka solusinya adalah sejak dini kita harus mempersiapkan dana. Dana tersebut salah satunya bisa diinvestasikan dalam bentuk misalnya di DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Jadi walaupun kita sdh tdk bekerja tetapi kebutuhan tetap bisa kita bayar.

Posting Komentar untuk "3 Alasan Mengapa Seseorang Atau Lembaga Melakukan Investasi"