Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fungsi Pemerintah Menurut Teori Klasik Oleh Adam Smith

Menurut Teori Klasik oleh Adam Smith ada tiga fungsi pemerintah, seperti dibawah ini, yaitu :
  1. Fungsi pemerintah untuk memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan.
  2. Fungsi pemerintah untuk menyelenggarakan peradilan.
  3. Fungsi pemerintah untuk menyediakan barang-barang yang tidak disediakan
Pertanyaannya sekarang adalah, apa saja  yang sudah dilakukan pemerintah dan peranan pemerintah dalam alokasi faktor produksi?
 

1. Fungsi pemerintah untuk memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan
Yang dimaksud dalam point ini yaitu Keamanan menjadi salah satu faktor yang menentukan bagi investor terutama asing untuk berinvestasi ke suatu negara, termasuk Indonesia. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan dan bisa mempersiapkan Tabungan Pendidikan untuk Anaknya. Kalau keamanan tidak terjamin, maka dunia investasi terpengaruh .pemerintah mempunyai tugas penting untuk memelihara ketertiban ataupun memlihara kenyamanan hidup masyarakatnya.

Pemerintah terlibat untuk menjaga suatu wilayah agar tetap aman, nyaman dan tetap ada. Fungsi pertahanan adalah segala upaya untuk mempertahankan kedaulatan warga Negara dan keutuhan bangsa, dan hal ini merupakan tugas utama dari TNI. Fungsi keamanan adalah upaya menegakkan ketertiban masyarakat didalam negeri berdasarkan hukum yang berlaku dan ini merupakan tugas utama POLRI. 

2. Fungsi pemerintah dalam menyelenggarakan peradilan
Pemerintah juga berfungsi untuk menyelenggarakan peradilan untuk tetap memeriksa kebenaran dan mengadili perkara yang menjadi wewenang pengadilan negeri tingkat pertama di wilayah hukumnya. Lebih dari separuh persoalan di Indonesia ini selesai kalau penegakan hukumnya beres.

3. Fungsi pemerintah untuk menyediakan barang-barang yang tidak disediakan : Peranan pemerintah sangatlah besar dalam sistem perekonomian, pemerintah diharapkan dapat menjalankan fungsi dan peranannya dalam hal pemerintahan khususnya perekonomian. Pemerintah harus terlibat secara penuh dalam perekonomian, karena jika suatu saat ditemukan terjadi suatu masalah, maka pemerintah hadir untuk memnuhi kebutuhn yang sifatnya public agar jalannnya suatu kehidupan tetap aman dan nyaman. 

Dalam hal ini pemerintah juga mempunyai peranan untuk mengatur, memperbaiki, melayani, menjaga, memberdayakan, dan mengarahkan aktivitas sektor swata agar benturan dapat dicegah. Contoh barang dan jasa yang tidak disediakan oleh pihak Swasta : Listrik, Jalan Non Tol, alat - alat pertahanan negara, produk dari industris strategis, dll

Peranan alokasi :
Peranan pemerintah dalam bidang alokasi adalah untuk mengusahakan agar alokasi sumber-sumber ekonomi dilaksanakan secara tepat guna. Kegiatan dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi maupun barang atau jasa untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan masyarakat. Sumber-sumber ekonomi yang dimaksud yaitu manusia, uang, material, metode. Sumber-sumber ekonomi ini diharapkan dapat menjadi alat untuk memajukan suatu Negara khususnya bidang perekonomiannya. 

Intinya, peranan pemerintah dalam bidang alokasi adalah untuk mengusahakan agar alokasi sumber-sumber ekonoomi dilaksanakan secara efisien. Kegiatan dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi maupun barang-barang dan atau jasa-jasa untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Selama pemerintah konsisten dengan tidak berorientasi pada keuntungannya dan menjunjung tinggi tujuan negara, pengadaan barang publik untuk peningkatan kesejahteraan umum dan kepentingan bersama sangat penting dilakukan. Contoh : Pengadaan jalan Non Tol, Sumber energi seperti Listrik, Pengaturan frekuensi telekomunikasi untuk dimanfaatkan pihak swasta atau masyarakat, membuat industri pertahanan yang dapat digunakan negara untuk melayani masyarakat : Kereta Api, Kapal Laut, Pesawat untuk penerbangan perintis.