Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Lingkup Ekonomi Moneter : Keuangan Syariah


Ilmu Ekonomi Moneter adalah merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi, yang mencakup persoalan persoalan antara lain : Peran Uang dalam Perekonomian, Lembaga Keuangan, Teori Permintaan dan penawaran Uang, Inflasi, Kebijakan Moneter, Neraca Pembayaran Indonesia dan Keuangan Internasional, serta Sistem dan Kebijakan Nilai Tukar.

Pertanyaan lain terkait pembahasan diatas :

Apakah aspek pengembangan pasar keuangan syariah? Aspek - aspek yang dipertimbangkan antara lain kondisi aktual industri perbankan syariah nasional beserta perangkat-perangkat terkait, trend perkembangan industri perbankan syariah di dunia internasional dan perkembangan sistem keuangan syariah nasional yang mulai mewujud, serta tak terlepas dari kerangka sistem keuangan yang bersifat lebih makro seperti Arsitektur Perbankan Indonesia (API) dan Arsitektur Sistem Keuangan Indonesia (ASKI) maupun international best practices yang dirumuskan lembaga-lembaga keuangan syariah internasional, seperti IFSB (Islamic Financial Services Board), AAOIFI dan IIFM.

Pengembangan perbankan syariah diarahkan untuk memberikan kemaslahatan terbesar bagi masyarakat dan berkontribusi secara optimal bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu, maka arah pengembangan perbankan syariah nasional selalu mengacu kepada rencana-rencana strategis. Dengan demikian upaya pengembangan perbankan syariah merupakan bagian dan kegiatan yang mendukung pencapaian rencana strategis dalam skala yang lebih besar pada tingkat nasional.

Sedangkan cetak biru pengembangan perbankan syariah di Indonesia  saat ditetapkan memuat visi, misi dan sasaran pengembangan perbankan syariah serta sekumpulan inisiatif strategis dengan prioritas yang jelas untuk menjawab tantangan utama dan mencapai sasaran dalam kurun waktu 10 tahun ke depan, yaitu pencapaian pangsa pasar perbankan syariah yang signifikan melalui pendalaman peran perbankan syariah dalam aktivitas keuangan nasional, regional dan internas ional, dalam kondisi mulai terbentuknya integrasi dengan sektor keuangan syariah lainnya.

Posting Komentar untuk "Ruang Lingkup Ekonomi Moneter : Keuangan Syariah"