Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Supaya Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia Tetap Terjaga


Stabilitas sistem keuangan Indonesia masih menyimpan sejumlah risiko, ada beberapa hal yang dapat menggangu stabilitas sistem keuangan Indonesia. Lalu apa solusi yang tepat agar stabilitas ekonomi tetap terjaga? 

Definisi mengenai Stabilitas sistem keuangan adalah dimulai dengan adanya kondisi dimana suatu sistem keuangan yang dipakai memasuki tahap tidak stabil, dimana sistem tersebut telah membahayakan dan menghambat kegiatan ekonomi, sehingga didalam Sistem keuangan tersebut ada beberapa resiko yang perlu diperbaiki/ distabilkan. Seharusnya Sistem keuangan yang diharapkan adalah pada kondisi yang stabil, yang kuat dan tahan terhadap berbagai gangguan ekonomi sehingga tetap mampu melakukan fungsi intermediasi, melaksanakan pembayaran dan menyebar risiko secara baik. Sehingga tercipta suatu kondisi dimana mekanisme ekonomi dalam penetapan harga, alokasi dana dan pengelolaan risiko berfungsi secara baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Salah satu Risiko yang sering menyertai kegiatan dalam sistem keuangan adalah risiko kredit, ini terjadi karena adanya tren kenaikan kredit bermasalah bank (Non Performing Loan/NPL) , kondisi ini berawal dari penyaluran kredit perbankan yang meningkat saat ekonomi sedang melambat.

Solusi yang tepat agar stabilitas ekonomi tetap terjaga adalah ketika terjadi Non Performing Loan/NPL yang meningkat maka perbankan harus berhati-hati dalam menyalurkan kredit. Kalau ingin aman dalam penyaluran kredit, sementara bisa diberikan kepada nasabah lama (dalam kondisi perlambatan ekonomi), karena tentunya Bank sudah lebih mengenal perilaku debiturnya sehingga bisa menghindari peningkatan NPL.


Bagaimana menurut anda? Tuliskan komentar anda dibawah ini. Salam

Posting Komentar untuk "Solusi Supaya Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia Tetap Terjaga"